Copyright 2017 - by Gen Konsultan


upgrade new version iso 9001:2015 & iso 14001:2015

Sistem Manajemen Mutu

 

 ISO 9001 (Evolusi ke Versi Baru 2015)

Latar Belakang

Quality Assurance merupakan suatu usaha yang terintegrasi sebagai suatu system untuk menjamin kinerja proses sehingga mampu menghasilkan produk / jasa yang memenuhi standar dan dapat memuaskan konsumen. Quality assurance bukan hanya melakukan inspeksi dan control tetapi juga melakukan penetapan standar kualitas sejak produk mulai dirancang (product design) sampai dengan distribusi produk ke konsumen.

 

Quality assurance mutlak diperlukan dalam semua bidang usaha.  Untuk memenuhi standar kualitas yang baik dan dapat diterima di pasar local maupun internasional maka sudah saatnya Sistem Manajemen Mutu diterapkan sebagai bentuk system jaminan kepada pelanggan dengan tujuan untuk mencapai kepuasan pelanggan.

 

 

Tentang ISO

§  Bukan singkatan, tetapi diambil dari istilah Yunani “ISO” (atautepatnya “isos”) yang berarti “sama”, misalnya: dalam Fisika  isobar, isotermik dan lain-lain.

§  Merupakan suatu organisasi pembuat standar dengan kepanjangan: International Organization for Standardization, bukan International Standardization Organization

§  Berdiri tanggal 23 Pebruari 1947.

§  Peran utamanya adalah untuk menetapkan standar yang dapat dipergunakan oleh negara-negara anggota, menjadi standar internasional.

§  Kantor pusatnya di Geneva, Swiss.

§  Organisasi privat, nirlaba, bukan badan sertifikasi.

§  Pendanaan disokong dari penjualan standar dan iuran anggota.

§  Anggotanya adalah wakil-wakil dari badan standar nasional Negara anggota dan juga organisasi swasta.

§  Standard ISO akan ditinjau setiap 5 (lima) tahun sekali

 

Prinsip Manajemen Mutu ISO 9001:2008

 

 

Konsep ISO 9001:2008

 

 PersyaratanSistemManajemenMutu ISO 9001:2008

 

EvolusiSistemManajemenMutu

 

Konsep ISO 9001:2015

 

KlausulPersyaratanISO 9001:2015

 

TujuanPenerapanSistemManajemenMutu ISO 9001

Tujuan penerapan ISO 9001 baik secara Internal maupun secara External adalah sebagai berikut :

Internal :

o    Meningkatkan mutu product / pelayanan jasa

o    Memiliki system yang efektif

o    Membangun budaya kerja bermutu dan continual improvement

o    Meningkatkan kompetensi dan motivasi karyawan

o    Adanya tanggung jawab, wewenang dan standar kerja yang jelas

 

Eksternal :

o    Memenuhi keinginan pelanggan

o    Menjamin konsistensi mutu produk / pelayanan jasa.

o    Memberikan keyakinan dan kepastian pelanggan

o    Memberikan jaminan terhadap pelanggan

 

o    Meningkatkan pangsa pasar ( MARKETING TOOL)